Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Alamat Kantor Jl. Boulevard Simpang Tiga Telp./Fax (0401) 322896 – 323770, Anduonohu Kendari, e-mail: ppa-dinkessultra@yahoo.com
2-1-2
2-1-1

Lokakarya Enumerator dan PJT Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Tenggara Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Korwil V Tahun 2018

Riskesdas Sultra 2018 1Tahun 2018, Kementerian Kesehatan dalam hal ini Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan akan melaksanakan Riset Kesehatan Nasional yaitu Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Riskesdas bertujuan untuk menyediakan informasi terkait besaran masalah derajat kesehatan dan determinan yang mempengaruhinya, sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan kebijakan pembangunan kesehatan di Indonesia. Pengumpulan data akan dilaksanakan di 34 provinsi diseluruh Indonesia termasuk Provinsi Sulawesi Tenggara.

Salah satu rangkaian kegiatan Riskesdas adalah Lokakarya Enumerator dan PJT (Penanggungjawab Teknis) Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Tenggara yang dilaksanakan di Swiss-Bell Hotel Kendari, yang berlang dari tanggal 09 sampai dengan 17 April 2018.

Riskesdas Sultra 2018 3Lokakarya ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara. dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara dr. H. Zuhuddin Kasim, MM menyampaikan bahwa Pelaksanaan Riskesdas 2018, di lakukan dengan mempertimbangkan SDGs, RPJMN, Renstra, Standar Pelayanan Minimal (SPM), Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM), Program Indonesia Sehat-Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS).  Dalam pelaksanakaan kegiatan ini ditandai dengan penyematan atribut Enumerator kepada enumerator terpilih secara simbolis.

Rakerkesdas Sultra 2018 5Penyelenggaraan kegiatan ini melibatkan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, panitia pelaksananya juga sebagian adalah pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Banyaknya informasi yang dapat dihasilkan melalui pelaksanaan Riskesdas dapat dimanfaatkan oleh banyak sektor terkait maka dipersiapkan mulai tahun 2017 supaya pelaksanaannya dapat dimulai pada awal tahun 2018. Pelaksanaan pada awal tahun bekerjasama dengan BPS untuk mendukung kebijakan one data, diharapkan hasil penelitian ini sudah dapat di akses sebelum berkahir 2018.

Riskesdas Sultra 2018 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *