Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara ~ Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-51 tahun 2015 ~ Sultra Sehat Tanpa Rokok
2-1
2-1

Pertemuan Terpadu Percepatan MDG’s Program P2PL

3Dalam upaya mencapai target indikator MDG’s, peran pusat, provinsi dan Kabupaten/kota sangat besar. Kita tidak mungkin dapat mencapai target MDG’s tanpa kerja sama yang erat serta bahu membahu antar pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Di lain pihak, kita sadari terdapat perbedaan permasalahan antar daerah yang lain meliputi kondisi geografis dan sosial budaya masyarakat. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sultra dalam acara pembukaan pertemuan ini.

Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sultra juga menyampaikan bahwa Berdasarkan arahan dan surat edaran sebagai tindak lanjut rekomendasi Rakeskesnas dari Menteri Kesehatan pada bulan april 2014 yang lalu bahwa upaya khusus pencapaian MDG’s harus melakukan upaya-upaya dan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Mengidentifikasi target yang belum tercapai dan penyebabnya serta menginventarisir sumber daya yang dapat dilakukan untuk mengintervensi penyebab yang dihadapi,
  2. Melakukan upaya promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat khususnya KIA, sanitasi dasar, dan pencegahan penyakit baik menular maupun tidak menular.
  3. Mempercepat pelaksanaan kegiatan intervensi dalam rangka percepatan target MDGs dan tetap memperhatikan ketepatan mutu, sasaran, manfaat dan tata kelola.
  4. Merealisasikan sistem rujukan Kabupaten/kota dan Provinsi dengan cara pemetaan fasilitas rujukan, SDM serta pengembangan sistem informasi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan sistem penanggulangan gawat darurat terpadu (SPGDT).
  5. Melaksanakan supervisi secara berjenjang dan berkelanjutan kepada tenaga kesehatan di Puskesmas dan jejaringnya, sekaligus memfasilitasi penyelesaian masalah bagi tenaga kesehatan dilapangan.
  6. Mengintensifkan pelaporan rutin khususnya pelaporan data kesehatan prioritas sesuai periodisasi pelaporan termasuk didalamnya kasus kematian ibu, bayi dan balita melalui aplikasi komunikasi data

Dibagian akhir arahan Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sultra menaruh harapan besar kepada para peserta pertemuan agar dalam diskusi kelompok nantinya agar dituntaskan tentang pembagian peran antara provinsi dan kabupaten/kota dalam upaya percepatan pencapaian MDG’s.