Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara ~ Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-51 tahun 2015 ~ Sultra Sehat Tanpa Rokok
2-1
2-1

Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Intensifikasi Pengendalian Malaria

1Arahan pada acara pembukaan pertemuan ini Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sultra menyampaikan data tentang pencapaian Annual Parasite Rate (API) Sulawesi Tenggara dari tahun 2010 sampai tahun 2013 cenderung terjadi penurunan yaitu 1,04‰ pada tahun 2010 menjadi 0,69‰ pada tahun 2013. Untuk cakupan keberhasilan program dilihat dari persentase pengobatan sesuai standar terjadi peningkatan sebesar 98,7% pada tahun 2013 dibandingkan tahun 2010 sebesar 56%, dan persentasi konfirmasi secara laboratorium pada tahun 2013 meningkat menjadi 99,8%, dibandingkan tahun 2010 sebesar 34,1%

Pada kesempatan kali ini, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sultra mengharapkan agar kabupaten/kota dapat memberikan perhatian dan pemdanaan melalui APBD II untuk kegiatan pengendalian malaria. Kadinkes Prov. Sultra juga mengingatkan dan menekankan beberapa hal dalam dalam upaya mengendalikan malaria diantaranya :

  1. Carilah inovasi-inovasi dalam percepatan pencapaian eliminasi malaria di daerah masing-masing.
  2. Penguatan surveilans sehingga dihasilkan data yang akurat/valid dan data yang diperoleh dikaji/dianalisa bersama data pendukung lainnya misalnya data perubahan iklim.
  3. Tingkatkan koordinasi, kerjasama dan peran lintas sektor terkait dalam upaya pencapaian eliminasi malaria.
  4. Ada keinginan atau komitmen kuat dari Pemerintah Daerah untuk penganggaran kegiatan pengendalian malaria dan dukungan kebijakan yang tertuang dalam peraturan perundangan, misalnya Peraturan Bupati/Walikota.
  5. Sinkronisasi dan integrasi dengan progran lainnya sebagai salah satu upaya exit strategy”.