Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara ~ Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-51 tahun 2015 ~ Sultra Sehat Tanpa Rokok
2-1
2-1

Pertemuan Koordinasi Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Meningkatkan Cakupan Program Kesehatan Ibu dan Reproduksi.

4Pelayanan kesehatan pada ibu hamil tidak dapat dipisahkan dengan pelayanan persalinan, pelayanan nifas dan pelayanan kesehatan bayi baru lahir. Kualitas pelayanan antenatal yang diberikan akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janinnya, ibu bersalin dan bayi baru lahir serta ibu nifas. Dalam pelayanan antenatal terpadu, tenaga kesehatan harus dapat memastikan bahwa kehamilan berlangsung normal, mampu mendeteksi dini masalah dan penyakit yang dialami ibu hamil, melakukan intervensi secara adekuat sehingga ibu hamil siap untuk menjalani persalinan normal.

Untuk percepatan penurunan AKI/AKB perlu pelayanan kesehatan khususnya KIA bagi masyarakat tertentu terutama diwilayah kepulauan. Daerah terpencil dan kepulauan ini masih memiliki hambatan terutama minimnya infrastruktur. Hal tersebut mengakibatkan penanganan masalah kesehatan (KIA) menjadi terlambat dan dapat berakibat kematian.

Terkait hal tersebut diatas, perlu dilakukan koordinasi dalam meningkatkan Peran serta Masyarakat untuk meningkatkan cakupan didalam program kesehatan ibu dan kesehatan reproduksi. Adapun upaya-upaya kesehatan yang dilakukan dalam mendukung promosi peran serta masyarakat untuk kesehatan ibu dan bayi baru lahir serta kesehatan reproduksi adalah, program kegiatan posyandu, GSI (Gerakan Sayang Ibu), kemitraan bidan dan dukun, P4K, PKK.